Friday, November 20, 2009

HISTORICISM & VISIONARY

HISTORICISM
Historicism adalah merupakan aliran arsitektur Post Modern yang paling awal munculnya. Penganut aliran ini ingin tetap menampilkan komponen-komponen bangunan yang berasal dari komponen-komponen klasik tetapi ditampilkan dengan penyelesaian yang modern, misalnya bentuk klasik yang dulunya menggunakan bahan dari kayu diganti dengan bahan beton tetapi diberikan ornamen, produk dari aliran Post Modern (historicism) ini yang paling berhasil terdapat di Jepang dan Italia. Suatu tradisi meniru model yang historical seperi façade suatu bangunan dibentuk seperti temple (candi).
Arsitektur Historicism adalah pengambilan bentuk-bentuk lama dengan dimensi, bahan dan ukuran yang berbeda
Ciri-ciri Arsitektur Historicism
muncul pada abad 20-an
merupakan salah satu aliran Arsitektur yang terbentuk karena “ Kerinduan “kepada bentuk-bentuk lama.
Kecenderungan mengambil bentuk-bentuk lama yang dianggap terbaik dan mengkombinasikan dengan harmonis.

Ciri – ciri : - komponen bangunan yang berasal dari komponen-komponen klasik tetapi ditampilkan dengan penyelesaian yang modern.
Tokoh – tokoh & contoh bangunan :




Nama bangunan : Getty museum
Lokasi : Malibu, California
Tahun pembangunan : 1970-1975
Fungsi : Museum
Arsitek : Dr. Norman Neuerburg

Keterangan :
Merupakan salah satu bentuk kerinduan akan bentuk-bentuk klasik romawi. Museum ini dibangun untuk John Paul Getty salah satu orang terkaya di Amerika serikat.
Elemen yang dipergunakan dari gaya klasik romawi:
- Menggunakan kolom-kolom dorik dan corinthian
- Gang beratap yang khas dengan arsitektur klasik
- Kolom memanjang





Nama bangunan : New Playhouse Theater
Lokasi : Clevelan, Ohio
Tahun pembangunan : 1981 - 1984
Fungsi : Teater
Arsitek : Philip Johnson dan John Burgee

Keterangan :
Arsitektur klasik yang “dipinjam” tidak hanya bentuk, tapi dari bahan bangunan (bata merah exposed). Pintu masuk utama terletak ditengah sumbu sebuah taman yang bergaya Renaissance, tetapi tata unitnya tidak simetris. Terdapat sebuah portico mirip tetapi tidak sepenuhnya bergaya Romawi. Di belakang portico terdapat hall yang berfungsi sebagai ruang penerima dan pembagi ke ruang-ruang lain. Denah berbentuk lingkaran sehingga dindingnya berbentuk silindris dan beratap kubah, secara keseluruhan merupakan penyederhanaan bentuk kuil Pantheon Roma.
Bentuk khas arsitektur Romanesque diterapkan pada unit bangunan di sebelah kanan tinggi dengan atap pelana dengan bidang luar. Sedangkan di bagian kiri bentuknya kompleks campuran elemen arsitektur abad pertengahan.





Nama bangunan : Allen Memorial Art Museum
Lokasi : Oberlen College
Tahun pembangunan (penambahan bagian bangun) : 1973 - 1977
Fungsi : Museum
Arsitek : Robert venturi
Keterangan :
Dibangun tahun 1917 dengan arsitektur Neo-Renaissance, kemudian dilakukan penambahan dengan menyambung bangunan baru pada bangunan lama dengan gaya modern fungsionalisme. Ada hal menarik dari penambahan bangunan tersebut, yaitu bentuk atap,permukaan dinding, dan stuktur bangunan benar-benar berbeda dan kontras. Walaupun demikian terlihat kesan harmonis, karena tidak sekedar mengulang gaya arsitektur lama tetapi juga mengacu pada bangunan lama.



VISIONARY
Arsitektur Visionary adalah nama yang diberikan kepada arsitektur yang secara tertulis atau mempunyai kulitas Visionari. É tienne-Louis Boullée, Claude Nicolas Ledoux dan Jean-Jacques Lequeu adalah salah satu contoh paling awal arsitektur Visionary. Lalu Arsitektur Giovanni Battista Piranesi, Antonio Sant'Elia dan Buckminster juga dimasukkan. Kemudian menyangkut abad 20, ada pergerakan disain secara ilmu bangunan seperti Archigram, Archizoom dan Superstudio.

1 comments:

safira1010 said...

itu playhouse theatre di ohio apa london ya?

Post a Comment