Sunday, April 4, 2010

GRIP SNARE DRUM

Secara umum, ada 2 macam grip. Matched grip dan Traditional grip. Matched grip adalah cara memegang stik dengan cara yang sama antara tangan kanan dan kiri. Grip ini lebih umum serta lebih disukai karena beberapa alasan. Pertama, lebih mudah dikuasai, terutama untuk pemula. Kedua, grip ini lebih ‘universal’, artinya, dengan sedikit modifikasi, dapat dipakai untuk memainkan marimba, xylophone, orchestra bells, timpani, drum set, selain snare drum tentu saja. Untuk pemula, sangat dianjurkan memakai teknik ini.


Langkah-langkah Matched Grip



1. Temukan titik yang kira-kira berada sepertiga dari pangkal stik. Pegang stik diantara buku jari yang pertama dan kedua dari jari telunjuk dan jempol.

2. Grip yang kokoh tapi relaks menggunakan semua jari.

3. Genggam stik dengan jari-jari tangan. Tiga jari paling belakang harus menyentuh stik tetapi jangan diremas. Meremas stik hanya akan menghasilkan ketidaklenturan yang nantinya akan menyulitkan dalam memainkan rolls atau single stroke yang cepat.

4. Posisikan kepala stik ditengah membrane dengan sudut 90 derajat. Bermain diluar wilayah itu akan menghasilkan suara yang tipis. Biasanya, bila sudut 90 derajat tidak terbentuk maka hal ini berarti ada masalah dalam cara memegang atau posisi tangan. Salah satu cara agar kepala stik tetap berada ditempat yang tepat adalah menggambar bulatan sebesar koin ditengah-tengah membrane.



Langkah-langkah Traditional Grip


1. Biarkan tangan kiri bergantung pada sisi badan dengan rileks, jangan tegang dan tidak perlu mengepalkan jari atau pergelangan tangan.

2. Letakkan stik pada area “V” dari telapak tangan dan jempol, sekitar 2-4 inci dari pangkal stik. Perhatian, jari dan pergelangan tang tetap rileks walaupun memegang stik.

3. Tempatkan kuku jari pertama jari telunjuk dijempol, tempat sidik jarinya. Biarkan jari tengah tetap relaks, juga jari manis dan jari kelingking yang ada dibelakang stik. Posisi pergelangan tangan tetap seperti awal.

4. Bengkokkan siku, dengan bahu tetap relaks dan tampatkan stik pada posisi bermain. Stik seharusnya terletak tepat dibawah kuku jari manis. Pergelangan tetap relaks dan tidak ada tekanan pada jari tengah.

Yang perlu diperhatikan :


Perhatikan bahwa jari telunjuk, jari manis danjari kelingking melengkung sama, sehingga mereka paralel. Jari tengah relaks di atas stik. Mengenai hal ini, ada yang menekankan bahwa jari manis dan kelingking dibengkokkan membentuk kait dengan ujung jari menyentuh telapak tangan. Usahakan telapak tangan anda hamper tegak lurus dengan posisi bermain (90 derajat).

0 comments:

Post a Comment